Monday, May 04, 2015

APEC



APEC


APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. (APEC) didirikan pada tahun 1989. APEC bersekretariat di Singapura. Organisasi ini berjenis Forum Ekonomi yang sampai saat ini beranggotakan 21 negara dengan pengarah eksekutif saat ini bernama Colin S. Heseltine.

            KTT APEC diadakan setiap tahun di negara-negara anggota. Pertemuan pertama organisasi APEC diadakan di Canberra, Australia pada tahun 1989. APEC menghasilkan "Deklarasi Bogor" pada KTT 1994 di Bogor yang bertujuan untuk menurunkan bea cuka hingga nol dan lima persen di lingkungan Asia Pasifik untuk negara maju paling lambat tahun 2010 dan untuk negara berkembang selambat-lambatnya tahun 2020.
          APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara kerja sama ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) pada 7-8 Oktober 2013 ini telah menghasilkan tujuh kesepakatan. Hal ini diharapkan bisa diterapkan di tiap-tiap negara anggota APEC. APEC tahun ini mengambil tema “Resilient Asia Pacific-Engine of Global Growth”.

0 comments:

Post a Comment