Monday, May 04, 2015

FORTRAN - Pemrograman Dasar

FORTRAN



Penjelasan
Seperti
layaknya manusia, bahasa komputer juga memiliki tata bahasa atau struktur bahasa. Tata bahasa ini harus benar-benar diikuti dalam menulis program, sebab yang akan membaca dan yang akan menjalankan instruksi program tersebut adalah komputer yang jelas tidak mempunyai pikiran, akal maupun indera.
  Komputer tidak mempunyai kemampuan untuk memikirkan apa yang sebenarnya dimaksud oleh si pembuat program. Kesalahan-kesalahan kecil , seperti tertulisnya koma padahal semestinya adalah titik, akan mengakibatkan tidak berjanya program menghasilkan output yang salah. Kesalahan kecil sekalipun, sering kali berakibat fatal.  Oleh karena itu, menguasai tata bahasa dan struktur bahasa komputer adalah hal yang mutlak bagi seorang programer.
  FORTRAN  adalah singkatan dari FORmula TRANslation. Pada mulanya, nama bahasa komputer ini ditulis dengan huruf besar. Tetapi belakangan ini, ada juga yang mulai menuliskannya dengan menggunakan huruf kecil, Fortran.
  Sejarah singkat bahasa FORTRANFORTRAN adalah bahasa komputer tingkat tinggi yang pertama kali diciptakan. Namun, meskipun merupakan bahasa tertua, hingga saat ini bahasa FORTRAN tetap juga tergolong bahasa komputer yang sangat populer dan digemari, terutama di kalangan ilmuan, termasuk insinyur. Bahkan dapat dikatakan bahwa FORTRAN adalah bahasa komputer yang paling banyak digunakan dikalangan ilmuan.
  Meskipun pemakai terbanyak FORTRAN adalah para ilmuan, peneliti, dan insinyur, namun itu tidak berarti bahwa FORTRAN tidak dapat digunakan untuk bidang atau tujuan lain. Banyak yang mengatakan bahwa FORTRAN adalah bahasa untuk ilmiah, sedangkan COBOL adalah bahasa untuk bisnis. Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Di dunia bisnis, FORTRAN juga dipakai.

  FORTRAN dapat dikatakan sebagai bahasa yang bersifat serbaguna, dengan kata lain bahasa ini dapat digunakan untuk hampir disemua bidang. FORTRAN selain sangat baik untuk berbagai persoalan yang melibatkan angka-angka, juga dapat digunakan untuk mengolah data yang bersifat huruf-huruf serta karakter lain. Oleh karena itu, FORTRAN juga dapat digunakan untuk membuat program-program database. Malah FORTRAN dapat dipakai untuk membuat grafik.


Seperti dikatakan diatas, FORTRAN adalah bahasa komputer tingkat tinggi yang pertama kali diciptakan. Usaha untuk menciptakan bahasa ini telah dimulai sejak tahun 1954 oleh sekelompok ahli dari IBM (International Business Machines). Sistem pertama berhsil diciptakan pada tahun 1957 dan dipakai untuk komputer IBM seri 704. Bahasa FORTRAN yang pertama ini hanya mengandung 32 jenis pernyataan, namun hal ini masih merupakan loncatan besar dalam dunia ilmu komputer yang pada saat itu masih sangat sedikit.

Pada tahun 1958, dilakukan perbaikan pertama atas bahasa ini. Modifikasi ini diberi nama FORTRAN II. FORTRAN II ini memperoleh tambahan 6 buah pernyataan lagi . Dengan kompiler yang baru ini , program-program besar yang semula membutuhkan waktu pemrosesan yang lama, sekarang dapat dipecah-pecah dengan dikenalkannya konsep subrutin. Banyak perusahaan yang akhirnya ikut memproduksi kompiler FORTRAN. Oleh karenanya, kebutuhan untuk sebuah standar, mejadi sangat mendesak.

Usaha standarisasi bahasa FORTRAN pertama kali berhasil dilakukan pada tahun 1966. Ini mengakibatkan sebuah program komputer yang ditulis dalam bahasa FORTRAN dapat dijalankan pada berbagai komputer yang berbeda tanpa atau dengan sedikit perubahan saja. FORTRAN menjadi bahasa komputer pertama yang berhasil dibakukan. Bahasa FORTRAN standar 1966 ini disebut dengan nama FORTRAN IV.

Perkembangan bahasa FORTRAN terus berjalan. Dan popularitasnya juga semakin meningkat. Universitas Waterloo di Ontario, Canada, menciptakan beberapa kompiler versi mahasiswa (student version). Diantaranya adalah WATFOR (Waterloo FORTRAN), WATFIV (Waterloo FORTRAN IV), dan WATFIV-S (WATFIV-terstruktur). Versi ini bekerja lebih cepat dan dapat tambahan dari standar 1966 diberikan kepada kompiler-kompiler ini.

Pada tahun 1977, standar pertama ini diperbaiki dan diperkenalkanlah standar baru yang diberi nama FORTRAN-77. Pada standar ini ada tambahanbeberapa pertanyaan lain. Diantaranya adalah pernyataan PRINT untuk output, dan beberapa pernyataan input. Juga pada standar ini diperkenalkan konsep struktur IF-THEN-ELSE. Usaha untuk perbaikan terus dilakukan. Direncanakan juga untuk membuat standar yang baru ditahun 1988 belum berhasil diselesaikan.



Perkembangan mikrokomputer juga tidak luput dari perhatian perusahaan-perusahaan pembuat perangkat lunak. Kompiler FORTRAN untuk mikro komputer kemudian juga diproduksi. IBM, Microsoft dan Lahey adalah beberapa perusahaan yang mengeluarkan kompiler FORTRAN untuk mikrokomputer. Waterloo FORTRAN juga tidak ketinggalan.



Semua kompiler FORTRAN untuk mikrokomputer ini adalah berdasarkan standar FORTRAN-77, namun sebagian kompiler tidak dapat seluruhnya melayani standar FORTRAN-77 tersebut. Misalnya WATFOR-77 dari WATCOM system Inc., dan Microsoft FORTRAN versi 3.31 tidak dapat melayani pernyataan WRITE untuk output. Microsoft baru-baru ini mengeluarkan versi terbaru kompiler FORTRAN yang mereka beri nama Microsoft FORTRAN Optimizing Compiler Version 4.0 (tahun1987) dan Version 4.1 (tahun 1988). Kompiler ini sudah mendukung hampir semua standar FORTRAN-77, bahkan juga memberi beberapa modifikasi. Pernyataan PRINT misalnya, sudah dapat dilayani oleh versi yang baru ini.

0 comments:

Post a Comment